Advokasi Rieke 5
Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud. MD menerima audiensi Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka Bertemu Menkopolhukam Bahas TPPO

JAKARTA – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Mahfud. MD menerima audiensi Rieke Diah Pitaloka, Senin (10/4/2023).

Agenda tersebut membahas isu Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan Mahfud MD yang merupakan Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan TPPO.

Rieke menyatakan memohon dukungan atas kasus TPPO yang sedang ia advokasi atas seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) bernama Dede Asiah (DA) yang menjadi korban perdagangan manusia ke Suriah.

Saat ini DA telah diamankan dari rumah majikan dan ditangani oleh KBRI Damaskus. Namun, hingga hari ini tidak ada kepastian pulang ke tanah air. Dari informasi yang disampaikan pihak KBRI exit permit DA belum diberikan Pemerintah Suriah karena pihak _agency_ di Suriah dan penyalur di Indonesia meminta ganti rugi senilai kurang lebih USD 7000.

Mahfud MD berpandangan bahwa penyelesaian TPPO bukan dengan membayar pihak penyalur. Hal terpenting adalah pengungkapan sindikat dan penegakan hukum bagi pelaku TPPO. Kasus DA merupakan contoh penting bagaiamana negara harus hadir memberikan perlindungan kepada warganya yang menjadi korban TPPO. Mahfuf berjanji akan terus mengawal kasus ini hingga DA bisa kembali selamat pada keluarganya di tanah air.

Mahfud MD menyampaikan pesan kepada suami DA, Yongky untuk melaporkan kepada pihak kepolisian dan seluruh kronologis di serahkan ke Kemenkopolhukam melalui Rieke. Mahfud berpesan agar pihak kepolisian memberikan atensi terhadap kasus DA. “lapor ke polisi, jangan takut. Polisi pasti dukung, kalau (ada oknum kepolisian tidak dukung) laporkan ke saya,” ujarnya.(*)

Sumber: Berita Bekasi